Pengertian Kalimat Konjungsi Koordinatif Lengkap Contohnya

Definisi Kalimat Konjungsi Koordinatif merupakan sebuah konjungsi yang menghubungkan dua kata, frasa, klausa, atau kalimat yang mempunyai makna sederajat atau setara. Dengan pengertian lain, konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang menghubungkan dua unsur kalimat atau lebih yang kedudukannya sederajat atau setara. Beberapa contoh Konjungsi Koordinatif yaitu, antara lain:

Kalimat-Kalimat Konjungsi Koordinatif

  1. Adik kecil itu bukanlah adikku, melainkan dia adalah keponakanku (anak dari salah satu kakakku). 
  2. Adik memecahkan jendela kaca tersebut, tetapi adik sudah meminta maaf. 
  3. Adikku dan aku pergi ke sekolah dengan sepeda. 
  4. Agam tidak membawa baju olahraga sedangkan hari ini ada mata pelajaran olahraga. 
  5. Aku akan pergi ke Jakarta hari Rabu atau kamis minggu ini. 
  6. Aku bingung ingin pulang sendiri atau diantar oleh temanku. 
  7. Aku dan kakakku mendapat hadiah dari pamanku. 
  8. Aku ingin pergi berlibur ke pantai tetapi hari ini hujan deras. 
  9. Aku masih bingung antara ingin melanjutkan ke SMA atau melanjutkan ke SMK. 
  10. Aku memang sudah lama mengenal dirinya Tetapi, sekalipun aku belum pernak diajak untuk berkunjung ke rumahnya. 
  11. Aku mengerjakan PR matematika dan pr fisika. 
  12. Aku menyuruh Suci untuk tidak datang namun dia tetap datang juga. 
  13. Aku sangat ingin pergi ke pantai tetapi hari ini malah turun hujan. 
  14. Aku sebetulnya sempat bertemu dengannya, tetapi aku tak sempat berbincang-bincang dengannya karena dia terlihat sedang buru-buru. 
  15. Aku serta adikku pergi ke sekolah bersama-sama naik sepeda 
  16. Aku serta adikku pergi ke tempat sekolah bersama-sama. 
  17. Aku sudah mengundangnya untuk datang kepesta malam ini. namun dia tetap tidak datang juga. 
  18. Aku tidak mengingat hari ulang tahun dirinya padahal dia telah mengatakannya. 
  19. Aku tidak mengingat hari ulang tahunnya padahal dia sudah mengingatkanku. 
  20. Aku tidak tahu apakah Joni pulang ke rumah atau ke tempat temannya. 
  21. Aku tmenyuruhnya untuk tidak datang namun dia tetap datang juga. 
  22. Aku serta kakakku berangkat ke sekolah bersama-sama menggunakan sepeda. 
  23. Alif sudah beberapa kali memanggilnya, tetapi ia tetap tidak mendengar. 
  24. Ana dan Ani masuk kedalam daftar juara umum kategori siswa aktif di sekolahnya. 
  25. Anak-anak yang bermain basket itu bukanlah murid kelas 6 melainkan murid kelas 5. 
  26. Andi masih pergi ke sekolah sementara hari ini adalah hari libur. 
  27. Angga menyelesaikan tugas Akuntansi dan Matematika selama 2 jam. 
  28. Anton adalah pemilik serta menjadi guru privat di tempat kursus itu. 
  29. Apakah Anda lebih suka es jeruk atau Anda lebih tertarik dengan es dugan? 
  30. Apakah Anda pergi ke pasar atau supermarket? 
  31. Apakah itu Andi atau Budi mereka berdua sangat nakal. 
  32. Apakah kita akan ke Bali atau Lombok untuk liburan ini? 
  33. Ayah membawaku ke kebun tetapi ibuku tidak mengizinkannya. 
  34. Ayah membuat pipa, dan saudara-saudara membuat topi untuk ulang tahunnya. 
  35. Ayah membuat terompet sedangkan kakak membuat topi ulang tahun. 
  36. Ayah mengajakku ke kebun tetapi ibu tidak mengijinkannya. 
  37. Ayah mengajakku untuk pergi ke sawah tetapi ibu tidak mengijinkannya. 
  38. Ayah mengajakku ke kebun sedangkan ibu memintaku untuk membantunya memasak. 
  39. Ayah Rika bekerja sebagai kuli bangunan serta kuli panggul di pasar. 
  40. Ayah sedang bekerja di kantor, sedangkan ibu sedang kepasar berbelanja. 
  41. Ayah sedang bekerja di kantor, sedangkan ibu sedang memasak di rumah. 
  42. Ayah sedang membaca koran dan Ibu sedang memasak di dapur. 
  43. Ayahku membawaku ke kebun, dan ibuku memintaku membantunya memasak. 
  44. Bibi akan pergi ke pasar atau ke supermarket? 
  45. Bonita bernyanyi di kamar, dan Doni memainkan gitar di teras. 
  46. Bonita beryanyi di kamar, sedangkan Doni bermain gitar di teras. 
  47. Budi anak yang baik tetapi dia pemalas. 
  48. Budi dan Anjar menerima hukuman dari guru. 
  49. Budi mendapat nilai buruk meskipun ia telah belajar sangat keras. 
  50. Budi serta Anjar mendapatkan hukuman dari ibu guru. 
  51. Budi tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya, sedangkan PR itu akan dikumpul besok. 
  52. Cafe itu menyediakan fasilitas dua pilihan area makan, sehingga pengunjung dapat memilih makan di area yang terdiri atas meja dan kursi tertata rapih atau di area yang lebih nyaman dalam bentuk lesehan. 
  53. Dani memberi Dini hadiah ulang tahun, tetapi Dini menolak. 
  54. Dhani mendapat perintah untuk menyapu namun dia tidak melakukannya. 
  55. Dhani mendapatkan perintah dari ibu nya untuk menyapu lantai padahal dia sedang mengerjakan tugas. 
  56. Di pesta itu Anna memakai gaun berwara emas dan Anni memakai gaun berwarna perak. . 
  57. Dia bingung ingin pulang sendiri atau diantar oleh temannya. 
  58. Dika ingin membelikan ibunya hadiah sedangkan dia tidak memiliki uang. 
  59. Dila bingung memilih boneka beruang atau boneka lumba-lumba. 
  60. Dila dan Salwa berangkat sekolah bersama. 
  61. Dina belum mengerjakan pekerjaan rumahnya, sedangkan itu akan dikumpul besok. 
  62. Dita mendapatkan nilai yang buruk padahal dia belajar dengan sangat giat. 
  63. Elisa tidak menghapal lagu Indonesia Raya, melainkan menghapal lagu Padamu Negeri. 
  64. Harga mobil itu sangatlah mahal namun Pina tetap bersikukuh membelinya. 
  65. Harga sepeda motor itu sangat mahal namun Budi tetap membelinya. 
  66. Hari ini cuaca sangat panas padahal hari ini hujan deras. 
  67. Hilman bekerja di kantor pemerintah, dan Cihan bekerja di bank. 
  68. Ibu memasak di dapur dan Pina mengerjakan tugas sekolah di ruang tamu. 
  69. Ibu memasak sayur dan nasi dengan adikku di dapur. 
  70. Ibu membeli oven baru dan beberapa resep. 
  71. Ibu menggoreng tahu dan menanak nasi di dapur. 
  72. Ibu sedang memasak di dapur dan Andi sedang mengerjakan tugas sekolah di kamarnya. 
  73. Ibu sedang memasak nasi dan lauk di dapur. 
  74. Ibu sedang memasak sayur dan nasi bersama kakak di dapur. 
  75. Ibunya memerintahkan Dani untuk menyapu lantai, meskipun dia mengerjakan tugas itu. 
  76. Indonesia mendapatkan musibah tanah longsor serta banjir pada tahun ini. 
  77. Indonesia telah mengalami tanah longsor dan banjir tahun ini. 
  78. Iqbal dan Aldi masuk dalam daftar juara umum di sekolah mereka. 
  79. Jaka adalah anak yang baik sedangkan Juki adalah anak yang nakal. 
  80. Jihan serta Ratu mengerjakan tugas kuliahnya bersama-sama. 
  81. Julia masih belum bisa memilih boneka beruang atau panda. 
  82. Kami tidak pergi ke pantai, tetapi pergi ke pusat perbelanjaan. 
  83. Kamu lebih suka es jeruk atau lebih tertarik pada es dugan? 
  84. Kamu pilih warna kuning atau warna hijau? 
  85. Kau mau makan bubur atau nasi goreng? 
  86. Kita harus melindungi diri kita sendiri dan orang-orang terdekat kita dari kejahatan. 
  87. Kita harus menjaga kebersihan diri kita serta kebersihan lingkungan kita. 
  88. Leah adalah anak yang sangat cerdas, dan adik perempuannya adalah anak yang malas. 
  89. Liburan kali ini, kita akan pergi ke Bali atau Lombok? 
  90. Mama memasak sayur dan nasi di dapur. 
  91. Mau bubur atau nasi goreng? 
  92. Nina disuruh menyapu namun dia tidak mau. 
  93. Nisa dan Sifa berangkat sekolah sacara bersamaan. 
  94. Nurwanto bingung mau pulang sendiri atau diantar dengan temannya. 
  95. Orang yang menyirami tanaman di kebun bukanlah Siska, tetapi adik perempuannya, Risk. 
  96. Pak Johan bukanlah direktur perusahaan tersebut, melainkan hanya seorang manajer yang baru dipromosikan oleh direkturnya sebulan yang lalu. 
  97. Pak raden termasuk orang yang sangat kaya raya, tetapi dia hidup dengan cara yang sederhana. 
  98. Pemburu itu menangkap ibu Harimau dan anak-anaknya di hutan. 
  99. Pina bingung memilih boneka beruang atau boneka winnie the pooh. 
  100. Pina disuruh menyapu namun dia tidak mau mengerjakannya. 
  101. Pina menyapu dan mengepel kamar depan rumah. 
  102. Polisi sudah menangkap 2 pelaku pencurian sepeda motor serta dengan barang buktinya. 
  103. Rama adalah anak yang sangat baik sedangkan Romo adalah anak yang sangat terkenal dengan kenakalannya. 
  104. Rama adalah anak yang sangat baik sedangkan Romo adalah anak yang sangat terkenal dengan kenakalannya. 
  105. Rani sangat mempercayai akan ramalan bintang padahal nasib sudah diatur oleh Allah SWT. 
  106. Ratna dan Aisyah sedang mengerjakan tugas kelompok. 
  107. Rena menyapu dan mengepel lantai teras depan rumah. 
  108. Reni sedang menyapu dan mengepel lantai teras depan rumahnya. 
  109. Reni tidak masuk ke sekolah padahal hari ini ada ujian matematika. 
  110. Restoran itu menyediakan dua area makan, sehingga pengunjung bisa memilih apakah mereka makan di area yang terdiri atas meja dan kursi atau di area yang lebih lesehan. 
  111. Ria tidak masuk ke sekolah padahal hari ini ada ujian lisan. 
  112. Rideau menyelesaikan tugas fisik dan matematika dalam 2 jam. 
  113. Rina sebenarnya sempat bertemu dengannya, tetapi ia tak sempat ngobrol – ngobrol dengannya karena ia terlihat sangat terburu-buru. 
  114. Rina tidak masuk ke sekolah padahal hari ini ada ujian. 
  115. Rini bingung mau pulang sendiri atau diantar oleh temannya. 
  116. Rini membelikan Dina anggur, sementara Dina menginginkan jeruk. 
  117. Rini membelikan Dina bauh anggur, sedangkan Dina menginginkan buah jeruk. 
  118. Risa mendapatkan nilai yang buruk padahal dia belajar dengan sangat giat. 
  119. Risiko tidak pergi ke sekolah hari ini, meskipun hari ini ada tes matematika. 
  120. Rita mengepel lantai dan Tuti mengepel. 
  121. Rita sedang mengepel lantai, dan Tuti sedang mencuci baju. 
  122. Sari merupakan gadis yang sangat pintar,, padahal dia berasal dari keluarga yang kurang mampu. 
  123. Saudari ini bukan saudara perempuan saya, tetapi dia adalah keponakan saya (putra dari salah satu saudara perempuan saya). 
  124. Saya akan pergi ke Jakarta pada hari Rabu atau Kamis minggu ini. 
  125. Saya benar-benar ingin pergi ke pantai, tetapi hari ini hujan. 
  126. Saya bingung, pulang sendirian atau ditemani teman saya. 
  127. Saya ingin pergi ke pantai tapi hari ini hujan. 
  128. Saya masih bingung antara keinginan untuk pergi ke sekolah menengah atau memasuki sekolah kejuruan. 
  129. Saya mengatakan kepadanya untuk tidak datang tetapi dia masih datang juga. 
  130. Saya mengenalnya sejak lama, tetapi bahkan jika saya tidak diundang untuk mengunjungi rumahnya. 
  131. Saya mengundangnya untuk datang ke pesta malam ini. tapi dia belum datang 
  132. Saya serta adikku pergi ke sekolah bersama-sama naik sepeda 
  133. Saya tidak ingat hari ulang tahunnya meskipun dia mengatakannya. 
  134. Saya tidak tahu apakah Joni pulang atau ke tempat temannya. 
  135. Shinta sangat mempercayai ramalan bintang padahal nasib diatur oleh Tuhan. 
  136. Siang ini cuaca sangat panas padahal tadi hujan deras. 
  137. Temanku mengajakku bermain tetapi ibu tidak mengijinkannya. 
  138. Tika adalah anak yang cerdas tetapi dia juga anak yang malas. 
  139. Tuti baru saja membeli sepeda baru, padahal sepeda Tuti yang sebelumnya masih terlihat bagus. 
  140. Ulia masih bingung untuk memilih boneka beruang atau boneka panda. 
  141. Yang menyiram tanaman di kebun itu bukanlah Siska melainkan adiknya Riska.