Pengertian Kalimat Majemuk Bertingkat Hubungan Waktu Lengkap Contohnya

Jenis kalimat majemuk bertingkat hubungan waktu memiliki anak kalimat yang menyatakan keterkaitan atau hubungan waktu dengan induk kalimatnya. Ciri-ciri dari kalimat majemuk yang satu ini dapat kita ketahui karena adanya kata penghubung yang menyatakan waktu seperti; ketika, sebelum, sesudah, tatkala, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan contoh kalimat majemuk bertingkat hubungan waktu:

Kalimat-Kalimat Majemuk Bertingkat Hubungan Waktu 

  1. Abror pulang dari kantor, ketika matahari tenggelam.
  2. Adit sedang buang air kecil, ketika ayahku berangkat.
  3. Afif sudah selesai mengerjakan tugas, sebelum kalian datang ke sini.
  4. Aku akan pergi ke sekolah setelah ibuku menyiapkan makan
  5. Aku sedang buang air kecil, ketika ayahku berangkat.
  6. Aku sedang tertawa ketika Ibu guru memanggilku
  7. Anak tukang becak itu menjadi terkenal, sejak ia menjuarai lomba matematika di tingkat nasional
  8. Andi membersihkan semua ruang kelas sebelum ibu guru datang ke sekolah.
  9. Ani akan pergi ke toko buku jika tidak hujan.
  10. Ani datang kerumah alya sampai ibu alya pulang dari kantor.
  11. Ardi datang ke rumah bibi sejak dua hari yang lalu. Meskipun arus lalu lintas Jakarta macet total.
  12. Aryo akan menjadi pemain bola profesional seandainya dia rajin berlatih.
  13. Ayah membelikan ku sebuah buku baru yang sangat bagus waktu dia pulang.
  14. Ayah sedang pergi ke pasar, saat Pak Lurah datang kerumah.
  15. Ayahku pulang dari Jakarta saat malam hari tiba.
  16. Ayahku pulang dari Palembang saat malam hari tiba.
  17. Bibi sedang berbelanja, ketika matahari terbit.
  18. Bima sedang makan ketika ibu pergi.
  19. Dia sudah meninggalkan rumahnya, sebelum fajar menyingsing
  20. Dina mengerjakan PR setelah Budi memaksanya
  21. Ia sering menangis, manakala mengingat ibunya yang tak kunjung pulang
  22. Ibu berjanji akan pulang sebelum jam makan malam
  23. Ibu membelikan ku sebuah buku baru yang sangat bagus waktu dia pulang.
  24. Ibu sedang tidur nyenyak, ketika langit mendung.
  25. Ibuku memintaku untuk cepat pulang sebelum hujan turun.
  26. Ibuku memintaku untuk cepat pulang sebelum malam tiba.
  27. Kak Ayu berkata kepada Ibu akan pulang sebelum maghrib.
  28. Kakek itu tersenyum mengingat masa mudanya, manakala tetangganya mengatakan ia seorang atlet yang hebat
  29. Kami akan pergi ke rumah Rita setelah shalat magrib.
  30. Kehidupannya berubah drastis, sejak ia menjadi pengedar dan pecandu narkoba
  31. Kehidupannya menjadi berubah derastis, sejak ia bekerja sebagai Wakil Direktur dikantornya.
  32. Ketika Ibu datang, saya sedang belajar di kamar.
  33. Lebih baik belajar dari pada menghabiskan waktu untuk hal tidak penting.
  34. Nisa datang ke rumah bibi sejak tiga hari yang lalu. Meskipun arus lalu lintas Surabaya macet parah.
  35. Nisa pergi ke warung, ketika alya kerumahnya.
  36. Pak menteri membawakan banyak peralatan sekolah, sewaktu beliau mengunjungi sekolah kami
  37. Pak Presiden bergegas pergi, setelah menerima informasi dari pak menteri
  38. Petani itu sedang membajak sawah, ketika terdengar teriakan warga minta tolong
  39. Prabu sudah selesai mengerjakan tugas, sebelum kalian datang ke sini.
  40. Saya akan membaca banyak buku apabila saya ke perpustakaan.
  41. Saya akan pergi berlibur seandainya tidak sakit.
  42. Saya membersihkan semua ruang kelas sebelum ibu guru datang ke sekolah.
  43. Saya sedang belajar, ketika ayahku pulang.
  44. Saya sedang buang air kecil, ketika ayahku berangkat.
  45. Saya sedang mandi, ketika ayah ku pulang kerja.
  46. Saya sudah pandai berhitung sejak kecil.
  47. Saya sudah selesai mengerjakan tugas, sebelum kalian datang ke sini.
  48. Sejak saya masih sekolah SD, ibu saya sudah mengajar di sana.
  49. Sejak saya masih TK, keluarga kami sudah pindah ke Kota ini.
  50. Sesudah pertemuan kali ini, kami sepakat untuk saling mengabari
  51. Setelah Amri bermain basket, Budi mengajaknya belajar bersama.
  52. Setelah Raka bermain sepak bola, Riko mengajaknya belajar bersama.
  53. Sewaktu kakek datang kerumah, ayah sedang pergi ke kantor.
  54. Sewaktu kecil, setiap sore ayah mengajak ku naik sepeda berkeliling desa
  55. Suasana pesta itu mendadak riuh, ketika pak gubernur datang menyalami tamu undangan
  56. Yang akan menunggu rumahnya telah pergi untuk waktu yang sangat lama.
  57. Yuda sedang bermain kelereng, ketika ibu datang.