Pengertian Kalimat Majemuk Bertingkat Hubungan Syarat Lengkap Contohnya

Jenis kalimat majemuk ini memiliki anak kalimat yang menyatakan keterkaitan atau hubungan syarat dengan induk kalimatnya. Ciri-ciri kalimat majemuk ini adalah adanya kata penghubung yang menyatakan suatu syarat, seperti jika, seandainya, misal, apabila, andaikan, dan lain sebagainya. Berikut dibawah ini terdapat beberapa contoh kalimat majemuk bertingkat hubungan syarat, antara lain:

Kalimat-Kalimat Majemuk Bertingkat Hubungan Syarat

  1. Aku akan belajar jika Ibu memberiku uang
  2. Aku akan membantumu jika kamu juga berusaha.
  3. Aku akan pergi ke bali seandainya aku kaya
  4. Aku akan pergi ke pengajian asalkan kamu juga ikut.
  5. Aku menelpon ayahku untuk segera pulang setalah hujan sudah reda.
  6. Aku tidak akan pernah mau mengikuti semua saranmu, seandainya aku tahu dari awal bahwa kamu adalah seorang penipu.
  7. Aku tidak akan pernah mau mengikuti semua saranmu, seandainya aku tahu dari awal bahwa kamu adalah seorang penipu.
  8. Ani akan pergi ke toko buku jika tidak hujan.
  9. Aryo akan menjadi pemain bola profesional seandainya dia rajin berlatih.
  10. Ayah akan memberikan aku gitar apabila aku mendapat peringkat satu di kelas.
  11. Ayah berkata akan segera pulang apabila hujan sudah reda.
  12. Ayah ingin membeli mobil baru jika ayah di promosikan ke jabatan yang lebih tinggi
  13. Hatiku bertambah ciut apabila aku teringat bahwa aku yang tertua.
  14. Ia tidak akan memberitahumu apabila ia tidak mempercayaimu
  15. Ia tidak mungkin di hukum apabila ia berkata yang sejujurnya
  16. Ibu akan memberiku uang jikalau aku mau makan
  17. Ibu tidak akan marah seandainya Andi menuruti apa kata ibunya.
  18. Ibu tidak semarah itu seandainya ia meminta maaf
  19. Jika aku mendapatkan rangking 1, aku akan mendapatkan laptop baru.
  20. Jika Ferdi berhasil memenangkan lomba menulis puisi, Mas Ferri akan menghadiahi Ferdi smartphone baru.
  21. Jika ingin berhasil dengan baik, Andi harus belajar dengan tekun.
  22. Jika saya lulus nanti, ayahku akan memberikan saya hadiah.
  23. Jika saya memperoleh rangking 1, maka saya akan mendapatkan sepeda baru.
  24. Jika saya mendapatkan rangking 1, saya akan mendapatkan sepeda baru.
  25. Kami akan berlibur ke bali jika kami semua lulus dengan nilai terbaik
  26. Kami akan mudik ke Medan lebaran tahun ini, seandainya tiket pesawat masih tersedia untuk lima orang.
  27. Kami akan segera berangkat, seandainya hujan tidak turun begitu derasnya.
  28. Kerugian akan di dapatkan oleh kita jika kita tidak segera bertobat.
  29. Kita akan berangkat sesegera mungkun, jika semua peserta sudah berkumpul.
  30. Kita akan mengalami kerugian besar apabila produk kita gagal di pasaran
  31. Kita berangkat segera apabila hujan sudah reda.
  32. Mika akan berangkat sekolah seandainya hujan tidak turun
  33. Raisa akan mendapatkan reward dari guru les mausiknya, asalkan dia dapat mendapatkan juta 5 besar dalam kontes musik.
  34. Rani merasa jika dirinya tidak pantas untuk dijadikan sebagai ketua kelas.
  35. Riky akan segera pulang ke rumah jika saya sudah menyelesaikan tugas ini.
  36. Rizky tidak akan di hukum seandainya dia mau menaati peraturan sekolah.
  37. Saya akan membaca banyak buku apabila saya ke perpustakaan.
  38. Saya akan pergi berlibur seandainya tidak sakit.
  39. Saya akan segera pulang ke rumah jika saya sudah menyelesaikan tugas ini.
  40. Saya pasti tak akan mendengar semua saranmu seandainya saya tahu kamu penipu.
  41. Seandainya saja waktu dapat diputar, pasti aku akan bekerja lebih giat untuk membanggakan ayah dan ibuku.
  42. Seandainya ia mematuhi peraturan itu, ia tidak akan dihukum
  43. Seandainya ia tidak lalai, jam tangannya tak mungkin hilang
  44. Segeralah bergegas mengambil air wudhu setelah adzan dikumandangkan.
  45. Semua pekerjaan itu selesai dalam sekejap asalkan semua orang bergotong royong mengerjakannya
  46. Semua pekerjaan yang berat akan terasa ringan jika dikerjakan secara bersama-sama.
  47. Tidak ada barang yang ketinggalan asalkan kau menyusunnya dengan teliti
  48. Jika saya mendapatkan rangking 1 pararel, saya akan melanjutkan di sekolah favorit
  49. Jika saya lulus nanti, ayahku akan memberikan saya hadiah.
  50. Kami akan segera berangkat, seandainya hujan tidak turun begitu derasnya.
  51. Hatiku bertambah ciut apabila aku teringat bahwa aku yang tertua.