Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Cerpen
- Perhatikan kutipan cerpen berikut!Setibanya pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, larasati segera memulai pembicaraan.“Sebelum membicarakan soal diah, saya perlu menjelaskan menggapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin saya bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaan, bukan kedinasan”“Maksud ibu apa?‘ Saya khwatir , keinginan bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatin terhadap diah. Dia anak yang lemah pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.Sifat tokoh larasati berdasarklan kutipan di atas adalah?a. Sabar dan penyayangb. Angkuh dan disiplinc. Tegas dan pemberanid. Penakut
- Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan cerpen di atas memiliki sifat…..a. Pendendamb. Keras kepala dan mudah marahc. Tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadid. Ingin menang sendiri
- Bagaimana gambaran karakter tokoh diah dalam cerpen di atas?a. Kuat menerima cobaanb. Gampang putus asac. Lemah dan penuh penderitaand. Trauma dalam menjalani kehidupanya
- Kedudukan tokoh Pak usman dan Larasati dalam kutipan cerpen di atas adalah……a. Tokoh antagonis, tokoh penengahb. Tokoh protagonist, tokoh penengahc. Tokoh antagonis, tokoh protagonisd. Tokoh protagonis, tokoh protagonist
- Bacalah penggalan cerpen berikut!Kelihatan seorang kakek berjalan bersama cucunya seorang gadis belia yang cantik. Merekaduduk di bawah pohon yang rindang. Gadis itu meminta kakeknya menceritakan riwayathidupnya, siapa sebenarnya kedua orang tuanya dan di mana mereka sekarang. Sang kakekterdiam sebentar, kemudian mulailah ia bercerita. “Delapan belas tahun yang lalu, seorangpemuda kota berjalan-jalan ke desa ini. Ia terpikat gadis cantik bunga desa ini, dan merekapun menikah. Gadis cantik itu adalah putri kakek satu-satunya.Latar tempat pada cerita di atas adalah...a. Di bawah pohon rindang.b. Di perkampungan.c. Di hutan rimba.d. Di jalan pedasaan.
- Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan cermat!Dengan tergesa Ersa menaiki bus yang nyaris meninggalkan suasana yang kurang yaman baginya. Dari kejauhan terdengan sayup suara “… penumpang bus Gemilang Asauntuk segera memasuki kendaraan…”. Hati Ersa agak tenang karena dia sudah berada di dalamnya. “Mudah-mudahan sore nanti aku bisa berada di acara itu,” harapnya dalam hati.Latar waktu dan tempat pada penggalan cerpen tersebut adalah …a. Sore hari, terminalb. Siang hari, perjalananc. Siang hari, terminald. Pagi hari, rumah
- Perhatikan kutipan cerpen berikut!“kita sebagai pendidik tidak boleh memandang masalah secara hitam-putih pak, diah itu telah banyak menanggung beban hidup, sudah selayaknya kita ikut mendampingi dan membantunya ,bukan malah menambah bebanya.Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen di atasa adalah…..a. Sebagai manusia harus saling tolong-menolongb. Seorang pendidik harus bisa membantu siswanya dalam mengatasi permasalahan hidupc. Guru harus bersikap professional dalam mendidik muridnyad. Guru harus memiliki sikap kasih sayang dalam mendidik
- Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan cermat!Meski termasuk anak yang pandai dan masuk kelas akselerasi, Romero tetap memilik banyak teman dan sahabat. Baginya teman adalah lingkungan yang dapat memberikan banyak inspirasi dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku sekolah. Di rumah ia juga bersikap baik pada tetangga. Ia ingat ketika orang tuannya berpesan, “Carilah teman dan sahabat sebanyak-banyaknya karena kita tidak bisa hidup sendiri. Suatu saat pasti kita membutuhkanorang lain.”Unsur ekstrinsik penggalan cerpen tersebut adalah ….a. Budayab. Ekonomic. Pendidikand. Social
- Bacalah cerita berikut dengan seksamaKita lihat, dari pintu masuk sebuah ruangan di hotel berbintang empat itu, dia membelok ke arah kiri, dia memilih kursi paling samping dari deretan kursi paling belakang. Begitu dia duduk, sejumlah lelaki dekat kursi itu serempak kaasak-kusuk dalam gelap.Latar tempat penggalan cerpen tersebut adalah...a. Pintu masukb. Kursi paling belakangc. Arah kirid. Hotel bintang empat
- Struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen terdapat dalam ...a. Abstrakb. Orientasic. Komplikasid. Deskripsi umum
- Pada teks cerpen, pembaca dapat mengetahu karakter atau watak pelaku cerita dalam ...a. Komplikasib. Abstrakc. Orientasid. Evaluasi
- Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan di mana ...a. Pengarang menghidupkan cerita dan meyakinkan pembacab. Berbagai kerumitan bermunculanc. Konflik mencapai tingkat intensitas tertinggid. Konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian
- Dalam teks cerpen, struktur yang bersifat opsional adalah ...a. Abstrak dan evaluasib. Abstrak dan orientasic. Koda dan resolusid. Koda dan abstrak
- Struktur teks cerpen adalaha. Orientasi - insiden - interpretasib. Orientasi - komplikasi - resolusi - kodac. Abstrak - orientasi - komplikasi - evaluasi - resolusi - kodad. Abstrak - orientasi - komplikasi - resolusi - interpretasi
- Ringkasan atau inti cerita pada cerpen terletak pada ...a. Abstrakb. Orientasic. Deskripsi umumd. Evaluasi
- Sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis dalam teks cerpen terdapat dalam ....a. Orientasib. Latarc. Abstrakd. Komplikasi
- Nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks cerpen terdapat dalam struktur ...a. Abstrakb. Evaluasic. Resolusid. Koda
- Perpaduan antara unsur-unsur yang membangun cerita sehingga merupakan kerangka utama cerita disebut dengan ...a. Alurb. Latarc. Tokohd. Sudut pandang
- Alur yang urutan peristiwa ceritanya tidak kronologis atau tidak berurutan disebut dengan ...a. Alur progresifb. Alur regresifc. Alur campurand. Alur gabungan
- Bacalah kutipan tajuk rencana berikut dengan saksama!…….perencanaan gerakan hemat air dan sekaligus berarti berdisiplin dalam penggunaan air di Surabaya menjadi amat relevan. Disiplin dalam penggunaan air bersih harus dilihat sebagai semacam kesetiakawanan sosial. Sebab dengan kita berdisiplin menggunakan air bersih berarti memberikan peluang kepada anggota masyarakat lainnya yang selama ini kesulitan air untuk berkesempatan menikmati air bersih.Pernyataan yang berupa pendapat penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah…a. Sejumlah anggota masyarakat dengan semena-mena menggunakan air.b. Kesulitan air yang menimpa sebagian besar penduduk hendaknya dapat ditarik maknanya.c. PDAM harus terus berjuang keras untuk meningkatkan suplai air bersihnya.d. Masyarakat harus berdisiplin dalam penggunaan air bersih karena hal ini dapat mencerminkan kestiakawanan sosial.
Jawaban:
- d. Penakut
- c. Tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi
- c. Lemah dan penuh penderitaan
- c. Tokoh antagonis, tokoh protagonis
- a. Di bawah pohon rindang.
- c. Siang hari, terminal
- b. Seorang pendidik harus bisa membantu siswanya dalam mengatasi permasalahan hidup
- d. Social
- d. Hotel bintang empat
- b. Orientasi
- a. Komplikasi
- d. Konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian
- d. Koda dan abstrak
- c. Abstrak - orientasi - komplikasi - evaluasi - resolusi - koda
- a. Abstrak
- b. Latar
- d. Koda
- a. Alur
- b. Alur regresif
- d. Masyarakat harus berdisiplin dalam penggunaan air bersih karena hal ini dapat mencerminkan kestiakawanan sosial.