Pengertian Kalimat Konjungsi Korelatif Lengkap Contohnya

Definisi Konjungsi korelatif merupakan sebuah kata hubung yang dapat sekaligus menghubungkan 2 kalimat, klausa, atau lebih menjadi satu kalimat. Konjungsi korelatif bisa kita gunakan pada kalimat majemuk setara atau sintaksis. Kalimat konjungsi korelatif merupakan suatu kalimat yang akan tersusun atas 2 kalimat/klausa atau lebih yang dihubungkan dengan kata konjungsi korelasi. Jika kita telaah mengenai pengertiannya, korelatif yang artinya “hubungan” sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa suatu kalimat konjungsi korelatif ini mengandung hubungan antar satu kalimat dengan kalimat lainnya yang di gabungkan.

Kalimat-Kalimat Konjungsi Korelatif

  1. Ahmad belajar demikian tekunnya, sehingga dia sering menjadi juara dikelas nya. 
  2. Aku bukannya mengerjakan PR bahasa Indonesia melainkan PR matematika. 
  3. Aku heran dengan Shinat apakah dia mengerti atau tidak. 
  4. Aku tidak hanya suka dengan buah jeruk tetapi juga dengan buah mangga. 
  5. Aku tidak jelas melihat mobil itu entah berwarna merah entah berwarna hitam. 
  6. Aku tidak mempercayai baik Toni maupun Dodi karena terkenal akan kebohongannya. 
  7. Aku tidak mengetahui kejadiannya entah itu kecelakaan entah ketidak sengajaan. 
  8. Anak itu bukan hanya merusak nama baik sekolah, melainkan nama baik orang tuanya 
  9. Anak-anak itu menari di tengah lapangan yang terik entah haus entah tidak, mereka tetap menari dengan penuh semangat. 
  10. Andi bukannya anak yang bandel, melainkan hanya seorang anak yang membutuhkan banyak perhatian dari orang lain. 
  11. Angga bukan hanya pandai llmu fisika, melainkan juga pandai Agama. 
  12. Angga menyusun kata sedemikian rupa, sehingga adiknya mempercayainya. 
  13. Apakah Anda menghadiri atau tidak menghadiri acara besok sore? 
  14. Apakah Anda percaya atau tidak apa yang saya katakan? 
  15. Apakah dia sakit atau hanya pura-pura sakit? 
  16. Apakah kamu benar benar ingin menjadi pemain terkenal atau hanya sekedar hobi?? 
  17. Apakah kamu benar-benar tidak atau hanya pura-pura tidak tahu? 
  18. Apakah kamu bisa hadir atau tidak besok sore ke acara? 
  19. Apakah kamu percaya atau tidak dengan apa perkataanku? 
  20. Apakah kamu percaya dengan omongannya atau tidak sama sekali? 
  21. Apakah merah atau biru aku tidak menyukai kedua warna itu. 
  22. Apakah saya mau atau tidak, saya akan membawanya ke konser musik besok malam. 
  23. Apakah kakimu ada yang terkilir atau tidak? 
  24. Apakah kamu benar-benar baik kepadaku atau hanya ketika ada maunya saja kamu bersikap seperti ini kepadaku? 
  25. Apakah kamu mempercayai semua perkataan manisnya itu? 
  26. Ayah bukan hanya memberi Nafkah untuk keluarga, melainkan juga memberikan kasih sayang Kepada keluarganya. 
  27. Ayah tidak hanya mengajak aku tetapi juga mengajak pergi adikku. 
  28. Baik Andi maupun Sobri tidak mengerjakan pekerjaan rumah dari ibu guru. 
  29. Baik Angga maupun Ilham ingin menjadi hacker profesional. 
  30. Baik bersama ayahnya, maupun bersama ibunya, adiknya tetap tidak mau pergi. 
  31. Baik dalam berbicara maupun diam, ia tetap beribawa. 
  32. Baik dekat maupun jauh dia akan tetap menyusul pacarnya. 
  33. Baik di bidang ilmu Matematika maupun di bidang kesenian adikku selalu bisa di andalkan. 
  34. Baik di kelas maupun di madrasah, anak-anak harus terus belajar dengan tekun dan baik. 
  35. Baik di sekolah maupun di rumah, Andi tetap akan belajar. 
  36. Baik dingin maupun panas, kopi tetap lezat saat diminum. 
  37. Baik disekolah maupun diluar sekolah, anak anak harus tetap belajar dengan sungguh sungguh. 
  38. Baik Harun maupun Andre ingin menjadi peretas profesional. 
  39. Baik hujan maupun tidak, acara konser musik itu tetap ramai pengunjungnya. 
  40. Baik Jakarta maupun Bandung, keduanya merupakan kota besar di Indonesia. 
  41. Baik sendirian maupun bersama-sama, dia akan tetap berangkat. 
  42. Baik sendirian maupun ramai, ia akan tidak takut saat melalui rumah angker itu. 
  43. Baik sendirian, maupun bersama-sama dia akan pergi. 
  44. Baik siang maupun malam, acara bazaar itu tetap ramai dikunjungi. 
  45. Baik siang maupun malam, lebih nyaman untuk tetap dirumah. 
  46. Baik siang maupun malam, pemeran itu tetap ramai pengunjung. 
  47. Baik aku sendiri maupun mereka tetap akan memberi kesempatan karena kami tahu engkau lakukan hal itu karena terpaksa. 
  48. Baik asin maupun tidak, jika kamu yang memasaknya akau akan tetap memakannya. 
  49. Baik di kelas maupun di madrasah, anak-anak harus terus belajar dengan tekun dan baik. 
  50. Baik di rumah maupun di sekolah, anak-anak harus tetap belajar dengan tekun agar bisa mendapatkan juara. 
  51. Baik dingin maupun panas, kopi tetap lezat saat diminum. 
  52. Baik itu dingin maupun panas, kopi luwak tetap nikmat saat diminum dan tidak bikin kembung. 
  53. Baik itu sedang bekerja maupun sedang bersantai ia selalu terbayang wajah kekasihnya yang sangat ia cintai. 
  54. Baik sendiri maupun sedang di tempat yang ramai aku perhatikan engkau selalu merenung, apa yang sebenarnya engkau pikirkan? 
  55. Baik siang maupun malam, acara bazaar itu tetap ramai dikunjungi. 
  56. Baik siang maupun malam, Pekan Raya tersebut tetap saja ramai dikunjungi oleh masyarakat. 
  57. Bangunan itu dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi lebih menarik daripada biasanya. 
  58. Banyak sekali orang yang membicarakan tentang mu, tapi entah benar entah tidak apa yang bicarakan tentang mu itu aku juga tidak tahu. 
  59. Bayangan hitam terbang bukanlah setan/hantu, tetapi hanya bayangan burung malam yang keluar di malam hari. 
  60. Bayangan hitam yang terbang itu bukannya hantu, melainkan bayangan burung yang keluar di malam hari 
  61. Bayangan hitam yang terbang itu bukannya setan/hantu, melainkan hanya bayangan burung malam yang keluar di malam hari. 
  62. Belum lagi bersenang-senang, bahkan untuk membeli beras, saya masih berjuang. 
  63. Belum lagi bertemu dan mengobrol dengan dia dengan menghubunginya melalui bilah manual tidak mungkin karena pekerjaannya yang sangat sibuk. 
  64. Belum lagi hari ini, setiap hari saya siap menerima Anda. 
  65. Belum lagi menyeduh kopi, dia bahkan tidak bisa membuat air. 
  66. Belum lagi sepeda yang bagus, saya bahkan tidak punya sepeda yang bagus. 
  67. Benar atau tidak, saya masih meragukan kata-katanya. 
  68. Budi menyimpan rahasianya sedemikain rupa sehingga tidak seorang pun mengetahuinya. 
  69. Bukan andi yang melakukan perbuatan itu melainkan Buyung pelakunya. 
  70. Bukan Andre yang memecahkan gelas, melainkan adiknya yang nakal. 
  71. Bukan Deden tidak hanya pintar dalam fisika, melainkan juga dalam agama. 
  72. Bukan hanya dia yang bersedih atas kejadian ini,melainkan juga semua teman temannya 
  73. Bukan hanya musisi lokal yang tampil di festival musik tahun ini, melainkan sejumlah musisi mancanegara punjuga turut andil di festival tersebut. 
  74. Bukan hanya pandai dalam pelajaran Bahasa Indonesia, melainkan juga pandai merangkai kata-kata yang indah. 
  75. Bukan hanya anak anak saja yang bergembira di festival itu, melainkan orang tua juga ikut bersenang-senang. 
  76. Bukan hanya itu di antara cita-citaku yang belum tercapai melainkan masih banyak lagi. tapi aku yakin akan mencapainya. 
  77. Bukan hanya karena hal itu saja aku mencoba menjauh darinya, melainkan dia selalu mengajak ku ke untuk berbuat jahat kepada orang lain.  
  78. Bukan hanya pejabat dan kolega ternama saja, sejumlah artis pun juga menghadiri pernikahan putri Presiden RI tersebut. 
  79. Bukannya aku bisa mengabaikanmu, tapi hanya memberimu pelajaran tentang bagaimana rasanya saling memahami. 
  80. Bukannya aku tidak mau membantumu,melainkan aku sedang menjalankan tugas perkuliahan saat ini. 
  81. Bukannya saya takut untuk kehilangan dirinya, tetapi aku takut kehilangan memori sangat indah yang telah kami lalui bersama dia.
  82. Dalam membuat sebuah puisi ia akan merangkai kata kata sedemikian rupa, sehingga banyak orang yang senang membaca tulisannya. 
  83. Dia menghias ruangan itu sedemikian rupa sehingga terlihat indah. 
  84. Dia tidak hanya patah tulang, tetapi juga mengalami gegar otak. 
  85. Dika tidak menyadari apakah aku sedang berbohong atau tidak. 
  86. Entah atau salah, dia tetap berpikir. 
  87. Entah benar entah salah, dia tetap pada pendiriannya. 
  88. Entah benar entah salah, yang terpenting aku sudah berani mencobanya 
  89. Entah benar entah tidak, aku masih meragukan kata-katanya. 
  90. Entah betul entah tidak, dia telah berkata bahwa dialah seseorang yang berada di balik kejadian ini semua.  
  91. Entah dia melewatinya atau tidak, dia masih akan mendapatkan hasil. 
  92. Entah hari rabu enatah hari kamis kami akan kedatangan tamu dari luar negeri. 
  93. Entah hitam entah putih, model baju itu sangat tidak cocok dengan warna celana yang kau pakai. 
  94. Entah ia atau tidak, dia pernah berkata ingin mengakhiri hidupnya. 
  95. Entah ikhlas entah tidak, namun saat ini aku sangat membutuhkan uang itu. 
  96. Entah iya atau tidak, tapi informasi ini sudah sangat meluas. 
  97. Entah lulus entah tidak, dia akan tetap menerima hasilnya. 
  98. Entah mau entah tidak, aku akan mengajaknya menonton konser musik pada besok malam. 
  99. Entah siapa yang benar, entah siapa pula yang salah pada kasus sengketa yang terjadi tersebut. 
  100. Entah siapa yang bersalah, entah siapa juga yang benar pada kasus tabrakan tadi. 
  101. Entah siapa yang membuang kuncing itu, entah siapa juga yang tega menelantarkannya. 
  102. Entah siapa yang memulai, entah siapa juga yang mengakhirinya. 
  103. Entah benar entah tidak yang terpenting sudah melakukannya semampuku. 
  104. Entah benar entah tidak, karena aku hanya mendengar dari orang lain tentang wanita desa itu. 
  105. Entah itu benar entah tidak, aku tetap tidak percaya dengan omong kosongnya. 
  106. Entah siapa yang benar, entah siapa pula yang salah pada kasus sengketa yang terjadi tersebut. 
  107. Fandi belajar sedemikian rupa keras sehingga dia sering menang di kelasnya. 
  108. Film ini seharusnya tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga panduan bagi orang yang ingin hidup lebih baik. 
  109. Film yang ditayangkan di stasiun Tv hendaknya bukan hanya menjadi sekadar hiburan, melainkan sebagai tuntunan bagi masyarakat untuk bisa hidup lebih baik lagi. 
  110. Ibu Ani telah menjelaskan akar persamaan kuadrat tanpa mengetahui murid-muridnya entah mengerti entah tidak dengan apa yang telah disampaikannya. 
  111. Ilham belajar demikian tekunnya, sehingga ia selalu meraih nilai-nilai yang bagus. 
  112. Ilham menyusun kata-kata sedemikian rupa dalam setiap tulisannya, sehingga banyak orang yang tertarik untuk membaca tulisannya. 
  113. Jagankan lagi motornya, sayapun juga akan membeli sepeda motor jika Anda memenangkan tempat pertama. 
  114. Jaka menyusun rencananya sedemikian rupa sehinga berjalan dengan mulus. 
  115. Jangankan bukit, gunung pun juga sanggup aku daki. 
  116. Jangankan danau, laut pun juga sanggup aku sebrangi. 
  117. Jangankan emas, berlian pun akan aku berikan kepadamu. 
  118. Jangankan hari ini, tiap hari pun aku siap mengantarmu. 
  119. Jangankan hujan, akan melewati badaipun demi pacarnya. 
  120. Jangankan melihat budi, hidungnya pun aku tidak pernah menjumpainya. 
  121. Jangankan melihat gubernur, bersalaman dengan pak presiden pun aku sudah. 
  122. Jangankan melihat orangnya, namanya pun aku tidak mengenalnya 
  123. Jangankan membeli motor, membeli sepeda pun aku tidak bisa. 
  124. Jangankan mendaki gunung, lautan pun akan akan seberangi demi mendapatkan cintamu, kasih. 
  125. Jangankan menemui dan juga mengobrol dengannya, menghubunginya melalui hand pone pun tidak bisa akibat pekerjaannya yang sangat sibuk sekali. 
  126. Jangankan mengangkat beban 5 kg, mengangkat beban 10 kg pun aku bisa. 
  127. Jangankan menyeduh kopi, menyeduh air pun dia tak bisa. 
  128. Jangankan motor yang bagus, sepeda yang bagus pun aku tidak punya. 
  129. Jangankan pergi ke Amerika Serikat, pergi ke Jepang pun aku sudah pernah. 
  130. Jangankan pergi ke luar negeri, pergi ke Jakarta pun aku belum pernah. 
  131. Jangankan senang-senang, untuk membeli beras pun aku masih kesusahan.  
  132. Jangankan sepeda motor, mobil mewah pun akan aku belikan jika kamu juara 1. 
  133. Jangankan sepeda, motor pun akan aku belikan jika kamu juara satu. 
  134. Jangankan soal matematika, soal-soal kimia yang sangat sulit pun dia dapat selesaikan dengan lancar dan juga tanpa kesalahan. 
  135. Jangankan sungai, lautan pun juga sanggup aku sebrangi. 
  136. Jangankan uang seribu rupiah satu sen pun aku tidak punya. 
  137. Jangankan bukit, gunung pun juga sanggup aku daki. 
  138. Jangankan hanya memberimu sebuah mobil mewah, apartemen pun akan kuberikan padamu jika kau mau jadi kekasihku. 
  139. Jangankan hari ini, tiap hari pun aku siap mengantarmu. 
  140. Jangankan mengkonsumsinya mencium baunya pun aku sudah sedikit mual. 
  141. Jangankan menyeduh kopi, menyeduh air pun dia tak bisa. 
  142. Jangankan senang-senang seperti mereka, untuk makan sehari hari pun aku aku masih kebingungan. 
  143. Jangankan senang-senang, untuk membeli beras pun aku masih kesusahan. 
  144. Jangankan sungai kecil itu, lautan pun akan ku sebrangi demi dirimu, kekasih. 
  145. Jangankan sungai, danau pun sanggup aku sebrangi hanya untuk dirimu. 
  146. Jangankan uang lima ratus rupiah seratus rupiah pun aku tidak punya. 
  147. Jangankan untuk berbelanja barang mahal, untuk membeli beras pun aku masih sangat kesulitan. 
  148. Jika engkau menerima cintaku, jangankan mobil rumah mewah pun akan ku belikan untukmu, kekasih. 
  149. Kakakku bukan hanya menguasai bahasa Inggris melainkan juga menguasai bahasa Jepang. 
  150. Kini, bukan hanya orang dewasa yang mengenal gadget, melainkan anak anak juga telah mengenalnya. 
  151. Kini, kopi bukan hanya sekadar minuman, melainkan sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat. 
  152. Kini, orang-orang bekerja bukan hanya sekadar mendapat gaji melimpah, melainkan juga untuk aktualisasi diri dan kepuasan batin mereka. 
  153. Kita tidak hanya berjalan kaki saja,tetapi juga sekaligus berolahraga. 
  154. Linda menghias ruangan itu sedemikian rupa sehingga terlihat indah. 
  155. Matematika tidak hanya mengajar, tetapi Angga juga mengajarkan fisika. 
  156. Motor itu melaju demikian cepatnya sehingga sangat sulit sekali dikejar mobil patrol polisi. 
  157. Oki mengubah sedemikian rupa kata-kata itu sehingga adik laki-lakinya mempercayainya. 
  158. Pak Abdul membangun rumahnya sedemikian rupa sehingga terlihat semakin megah bak istana. 
  159. Pak Badrun merawat istrinya demikian sayangnya, sehingga istrinya sembuh dengan cepat. 
  160. Pak Budi memeriksa mobil sedemikian rupa sehingga bentuknya sekarang berbeda dari yang sebelumnya. 
  161. Pak mei ini bertindak demikian bijaksananya sehingga menjadi seseorang guru favorite semua siswa di sekolah. 
  162. Pak Raden tidak hanya baik tetapi juga sangat pandai. 
  163. Pak Somat adalah orang kaya, belum lagi membeli beras, ia bahkan mampu membeli pabrik. 
  164. Pak Tono merawat istrinya sedemikian sayangnya, sehingga istrinya sembuh dengan cepat. 
  165. Paman bukan hanya memarahi diriku melainkan juga memarahi anaknya sendiri. 
  166. Pengendara motor itu memacu motor demikian cepatnya sehingga dia menabrak mobil truk yang berada di depan. 
  167. Penjahat itu terlibat dalam kasus perampokan 
  168. Penjahat itu terlibat juga dalam kasus pembunuhan 
  169. Penyair itu menulis lagunya sedemikian rupa sehingga menjadi lagu terbaik. 
  170. Pernikahan putri Presiden Indonesia dihadiri tidak hanya oleh pejabat dan kolega, sejumlah seniman. 
  171. Randi tidak hanya memiliki sebuah sepada motor, tetapi juga memiliki mobil yang bagus 
  172. Restoran itu dihias sedemikian rupa oleh pemilik dan karyawannya, sehingga menjadi lebih menarik dari biasanya. 
  173. Rita berbuat demikian baiknnya sehingga Rhoma mengaguminya. 
  174. Rumah Andi bukan di Jakarta melainakan di Surabaya. 
  175. Rumah itu dihias sedemikian rupa, sehingga anak tertarik untuk datang di acara ulang tahunnya. 
  176. Saat ini, orang bekerja tidak hanya untuk menerima gaji yang adil, tetapi juga untuk realisasi diri dan kepuasan batin mereka. 
  177. Sang ayah bukan hanya memberi kehidupan pada keluarga, melainkan juga memberikan cinta kepada keluarganya. 
  178. Saya tidak tahu siapa yang benar, siapa yang salah dalam hal perselisihan. 
  179. Saya tidak takut kehilangan dia, tapi saya takut. 
  180. Sayangnya, Pak Tono memperlakukan istrinya sedemikian rupa sehingga ia cepat pulih. 
  181. Sebagai kepala keluarga, bukan hanya memberi nafkah untuk keluarga, melainkan harus selalu memberikan kasih sayang. 
  182. Sebuah film dibuat dan ditayangkan bukan hanya untuk hiburan saja, melainkan juga sebagai contoh agar masyarakat dapat hidup lebih baik lagi. 
  183. Sekarang kopi bukan hanya minuman, itu sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. 
  184. Seniman itu membuat lukisan sangat indahnya sehingga sangat sulit untuk di lukis ulang oleh seniman yang lainnya. 
  185. Seorang ibu yang memukul anaknya bukan karena dia galak, tetapi karena dia masih sayang dengan anak anaknya. 
  186. Siang dan malam, pasar masih ramai. 
  187. Siswa tidak hanya memiliki nilai akademik yang baik, tetapi juga perilaku yang baik. 
  188. Soal-soal fisika itu dibuat demikan dengan sulitnya sehingga para siswa tidak bisa mengerjakan satu soal pun. 
  189. Sudahlah, aku belum pernah bertemu hidungnya. 
  190. Teka-teki itu dibuat sedemikian rupa sehingga sangat sulit untuk dipecahkan 
  191. Tidak hanya bekerja di siang hari, tetapi juga tetap bekerja di malam hari. 
  192. Tidak hanya belajar saja, tetapi juga berdoa agar bisa sukses dan mencapai cita – citanya. 
  193. Tidak hanya belajar, tetapi juga berdoa untuk kesuksesan dan pencapaian tujuan Anda. 
  194. Tidak hanya Budi yang dihukum oleh guru tetapi juga Toni. 
  195. Tidak hanya bukit, gunung, aku juga bisa memanjat. 
  196. Tidak hanya cuci muka, bahkan kami menyempatkan untuk mandi dan berenang di pemandian air hangat itu. 
  197. Tidak hanya itu, pasar buku juga dianimasikan oleh review dari sejumlah penulis terkenal. 
  198. Tidak hanya mempunyai nilai akademik yang bagus, seorang siswa juga mesti mempunyai tingkah laku yang baik. 
  199. Tidak hanya mengajar matematika, tetapi Angga juga mengajar ilmu fisika. 
  200. Tidak hanya mengalami patah tulang, tetapi dia juga mengalami gegar otak. 
  201. Tidak hanya menjadi juara tingkat Kabupaten, tetapi ia juga menjadai juara 1 tingkat Provinsi 
  202. Tidak hanya pejabat dan kolega, sejumlah artis pun juga hadir di pernikahan putri Presiden RI tersebut. 
  203. Tidak hanya prestasi akademiknya yang bagus, prestasi non akademiknya juga bagus. 
  204. Tidak hanya sampai di situ, bazaar buku ini juga dimeriahkan oleh bedah buku dari sejumlah penulis ternama. 
  205. Tidak hanya sampai disitu acaranya, masih banyak juga acara acara selanjutnya yang lebih menarik. 
  206. Tidak hanya itu saja, acara Pekan Raya tersebut, juga dimeriahkan oleh oleh bebebrapa artis ibu kota. 
  207. Tidak hanya memiliki nilai akademik yang bagus, seorang siswa juga harus memiliki tingkah laku yang baik. 
  208. Tidak hanya mempunyai keterampilan yang baik saja, seorang karyawan juga harus memperhatikan tingkah laku yang baik. 
  209. Tidak hanya musisi lokal yang datang ke festival musik tahun ini, tetapi sejumlah musisi yang berasal dari mancanegara pun datang untuk menyaksikan festival tersebut. 
  210. Tidak hanya para pejabat saja sejumlah artis pun juga hadir di pernikahan putri Presiden tersebut. 
  211. Tidak hanya para sahabat barunya, sahabat lamanya pun juga hadir di pernikahan putranya. 
  212. Tidak hanya pejabat dan kolega, sejumlah artis pun juga hadir di pernikahan putri Presiden RI tersebut. 
  213. Tidak hanya sampai di sini, bazaar buku ini juga akan dimeriahkan oleh bedah buku dari beberapa penulis ternama.