Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Media Promosi
- Terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit disebuta. Pamphletb. Brosurc. Flyerd. Poster
- Kegiatan komunikasi untuk meningkatkan volume penjualan dengan pameran, periklanan, demonstrasi, dan usaha lain yang bersifat persuasif (membujuk secara halus)...a. Promosib. Iklanc. Penjualand. Peminjaman
- Suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas...
a. Media pembelajaran
b. Media komunikasi
c. Media demontasi
d. Media promosi - Pesan mengenai produk yang disampaikan melalui media televisi akan diwujudkan dalam bentuk…a. Audiob. Audio dan Visualc. Visuald. Gambar bergerak
- Promosi produk yang menggunakan website disebut…a. Media elektronikb. Media cetakc. Media internetd. Media produk
- Media promosi sebagai plakat yang dicetak pada kertas yang biasanya berukuran besar, berisi pengumuman atau iklan dalam bentuk gambar ataupun tulisan dan ditempelkan di dinding maupun tembok yang berada di tempat-tempat umum adalah…a. Pamphletb. Brosurc. Flyerd. Poster
- Pernyataan di bawah ini yang merupakan pertimbangan pemilihan media promosi cetak diantaranya…a. Khalayak sasaran yang ingin ditujub. Nama produkc. Kemampuan produksid. Pendapatan perusahaan
- Media mempromosikan produk dengan jumlah banyak dengan penjelasan spesifikasi dan gambar masing-masing produk adalah….a. Bookletb. Catalogc. Pamphletd. Brosur
- Ciri – ciri dari media promosi baliho adalah….a. Untuk promosi jangka pendek dan besifat insidentilb. Untuk promosi jangka panjangc. Hanya digunakan untuk mempromosikan produkd. Bersifat permanen
- Media promosi outdoor dengan ukuran besar yang diletakkan di tempat tertinggi yang dilalui orang disebut….a. Billboardb. Megatronc. Videotrond. Baliho
- Media promosi sejenis billboard yang telah menggunakan teknologi elektronik gambar bergerak disebut…a. Megatronb. Videotronc. Billboardd. Baliho
- Media promosi berikut ini yang tidak termasuk ke dalam klasifikasi pamphlet adalah..a. Bookletb. Catalogc. Kartu namad. Poster
- Perhatikan penrnyataan di bawah ini!I. Dapat mendemonstrasikan bagaimana cara penggunaan produkII. Muncul tanpa diharapanIII. Efektif jika dipadukan dengan sales marketingIV. Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan membaca seperti media cetakDari pernyataan di atas merupakan kelebihan dari media…a. Radiob. Internetc. Infomerciald. Televisi
- Surat kabar adalah lembaran tercetak yang memuat laporan yang terjadi di masyarakat dengan cirri-ciri terbit secara periodic,bersifat umum,isinya termasa dan actual mengenai apa saja dan di mana saja di seluruh dunia untuk diketahui pembaca, merupakan pendapat dari…a. Effendyb. Philip Kotlerc. William J Shultzd. Buchari Alma
- Di bawah ini yang tidak termasuk fungsi media promosi surat adalah….a. Sarana pemeritahuan gagasanb. Alat bukti tertulisc. Alat pengingatd. Tanda bukti yang sah
- Acara televisi yang diperuntukan secara khusus untuk mempromosikan barang atau jasa dan biasanya berdurasi 30 – 60 menit disebut…a. Advertensib. Informecialc. Sponsorshipd. Iklan
- Berikuti ini yang merupakan kekurangan dari media promosi informesial adalah…a. Adanya kemungkinan produk palsub. Keaslian dari data tidak terjaminc. Biaya terlalu tinggi untuk bisnis kecild. Penempata iklan tidak beraturan
- Persamaan antara surat kabar dengan majalah adalah…a. Mutu reproduksi tinggib. Menyampaikan informasi produk dengan detailc. Fleksibeld. Selektif
- Media yang biasa ditempel di tepi jalan dengan bahan dasar banner...a. Round tagb. Balihoc. Neon boxd. Poster
- Media promosi yang sering digunakan untuk memberikan informasi promosi jangka pendek tentang acara atau promosi komersil...a. Round tagb. Balihoc. Neon boxd. Poster
- Media promosi berbentuk kotak yang diterangi cahaya dari lampu neon yang dipasangkan di dalamnya. Media ini cocok digunakan sebagai media promosi di malam hari....a. Round tagb. Balihoc. Neon boxd. Poster
- Contoh media elektronik bisa berupa, kecuali...a. Televisib. Radioc. Websited. Majalah
- Contoh penggunaan katalog antara lain digunakan oleha. Detik
b. Alfamart
c. Okezoned. Liputan - Semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid...a. Brosur
b. Radio
c. Websited. Pamflet - Media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan...a. Majalah
b. Ebook
c. Bookletd. Koran - Suatu media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para perusahaan dalam memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atau diwarung-warung...a. Majalahb. Ebookc. Bookletd. Spanduk
- Berikut kelebihan dari media promosi banner, kecuali...a. Iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya.b. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklanc. Iklan banner adalah alat branding yang sangat baik.d. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.
- Berikut kekurangan dari media promosi banner, kecuali...a. Iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainb. Beberapa jenis iklan banner sering terlihat menjengkelkan dan sangat menganggu.c. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan.d. Oversaturation iklan banner menyebabkan kebutaan iklan
- Terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit...a. Majalahb. Flyerc. Bookletd. Koran
- Salah satu sarana promosi yang efektif untuk perusahaan ataupun usaha jasa perseorangan, untuk mengingatkan kembali layanan maupun pesan-pesan yang kita sampaikan kepada calon pelanggan...a. Majalahb. Flyerc. Bookletd. Kartu nama
- Pada umumnya promosi yang berusaha memainkan emosi khalayak sasaran dengan cara mengangkat ide lucu (visual pun), horor, hal-hal yang menjijikan, atau bentuk ekspresi dan emosional lainnya dan berusaha melibatkan khalayak diajak untuk terlibat; dari mengarahkan mata, memanfaatkan gerak anggota tubuh, menghadirkan sebagian atau keseluruhan tubuh dalam iklan....a. Ambientb. Flyerc. Bookletd. Kartu nama
- Gerakan yang dilakukan sekelompok orang asing yang tiba-tiba berkumpul di tempat umum, melakukan hal yang nggak biasa untuk beberapa menit, kemudian membubarkan diri begitu saja...
a. Ambient
b. Flyer
c. Booklet
d. Flash mob - Saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet).
a. Sosial media
b. Flyer
c. Booklet
d. Flash mob

Kunci Jawaban:
- a. Pamphlet
- a. Promosi
- d. Media promosi
- b. Audio dan Visual
- c. Media internet
- d. Poster
- a. Khalayak sasaran yang ingin dituju
- b. Catalog
- a. Untuk promosi jangka pendek dan besifat insidentil
- a. Billboard
- a. Megatron
- d. Poster
- d. Televisi
- a. Effendy
- d. Tanda bukti yang sah
- b. Informecial
- a. Adanya kemungkinan produk palsu
- b. Menyampaikan informasi produk dengan detail
- a. Round tag
- b. Baliho
- c. Neon box
- d. Majalah
- a. Brosur
- b. Alfamart
- d. Pamflet
- c. Booklet
- d. Spanduk
- b. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan
- a. Iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lain
- b. Flyer
- d. Kartu nama
- a. Ambient
- a. Sosial media